DEMOKRASINEWS : Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, tidak terkecuali Kementerian Perhubungan.
Salah satu layanan yang kian digalakkan adalah pemanfaatan sistem informasi berbasis aplikasi. Pada masa Pandemi COVID-19 ini, layanan berbasis aplikasi sangat bermanfaat untuk meminimalisasi kontak langsung antara petugas dengan pengguna jasa.
Penggunaan aplikasi semacam itu, kini telah dilakukan pada aktivitas bongkar muat barang di pelabuhan. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub), melalui Kantor Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Sunda Kelapa, meluncurkan Sistem Informasi Bongkar Muat Barang Berbasis Elektronika (SIBABBE).
Aplikasi ini akan dikembangkan dan terintegrasi dengan sistem INAPORTNET dan Sistem Aplikasi SEHATI yang sudah terlebih dulu ada.
Selain memberi kemudahan kepada pengguna jasa, aplikasi tersebut juga lebih meningkatkan transparansi dalam bertransaksi. Masyarakat kian terhindar dari praktik pungutan liar. Di sisi lain, pemerintah selaku regulator lebih dimudahkan dalam hal pengawasan.
Sumber Humas KemenHub RI
Tim Redaksi DemokrasiNews